Membiasakan Anak Mengucapkan Terima Kasih

Share

Ada banyak alasan untuk kita mengucapkan “terima kasih”.

Terima kasih telah menutup pintu; terima kasih telah mematikan ac; terima kasih telah merapikan mainan; terima kasih telah menjemur handuk; terima kasih telah mengambilkan buku; terima kasih telah menyimpan sepatu,…dan sebagainya.

Kata ini tidak hanya dikenal di negara kita, Indonesia. Dalam peradaban manusia di seluruh dunia mengenal kata ini karena kata terima kasih merupakan satu bentuk sikap sopan-santun.

Mengajarkan kata “terima kasih” kepada anak seyogyanya dimulai sejak dini, berikut hal yang bisa kita ajarkan kepada anak:

  1. Bimbing anak mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah menolong atau memberikan sesuatu kepada anak. Jika anak sudah bisa diajak komunikasi, jelaskan kepada anak perlunya untuk selalu mengucapkan kata terima kasih.
  1. Jika anak lupa mengucapkan terima kasih, ayah atau ibu dapat mewakili anak sehingga anak bisa melihat dan belajar sendiri kemudian mencontohnya dan menjadikan suatu kebiasaan yang baik.
  2. Ketika mengingatkan anak, gunakan cara dan kata-kata yang halus. Jangan memaksa apalagi membentak anak, cukup diingatkan. Beri pujian jika anak sudah mengucapkan terima kasih.
  3. Anak-anak suka meniru kebiasaan orang lain, khususnya orang tuanya. Jadi, sering-seringlah memberi contoh mengucapkan terima kasih sehingga anak menjadi terbiasa.
Share

Related posts

Leave a Comment