Akhir Pekan Waktu Bersama Keluarga

Share

Saat ini banyak keluarga yang tidak memiliki cukup waktu untuk berkumpul dan melakukan aktivitas bersama disebabkan kesibukan masing-masing anggota keluarga. Ayah sibuk bekerja mencari nafkah, ibu pun tidak kalah sibuk, selain ada yang bekerja di luar rumah, ada pula yang penuh waktu mengurus rumah tangga, demikian dengan anak-anak yang telah bersekolah, mereka juga tidak kalah sibuk dengan kegiatan sekolahnya. Jika keluarga tidak pandai mengatur waktu agar dapat berkumpul bersama, kata “sibuk” menjadi alasan yang kuat menjauhkan hubungan pribadi antar anggota keluarga.

Keharmonisan sebuah keluarga tidak hanya dilihat dari kuantitas pertemuan namun lebih kepada bagaimana cara kita mengisi waktu bersama ketika kita berkumpul. Bagi keluarga yang memiliki segudang kesibukan, waktu bersama keluarga hanya dapat dialami ketika akhir pekan tiba. Namun, seringkali keluarga tidak merencanakan kegiatan seperti apa yang akan mereka lakukan bersama. Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan menjadi kegiatan mainstream. Padahal, banyak aktivitas kreatif yang dapat dilakukan bersama untuk mempererat hubungan orang tua dan anak.

1.Membersihkan rumah

Beri contoh dan buat tim kerja serta jadwal membersihkan rumah bersama anak. Awalnya, mungkin anak hanya senang untuk bermain atau malas-malasan. Disinilah, orang tua dituntut kreatif untuk dapat menciptakan suasana yang seru saat membersihkan rumah, anak akan segera belajar dari rutinitas ini. Jangan pelit memberi pujian ketika anak melakukan tugasnya dengan baik dan jangan pula marah-marah ketika anak hanya melakukan kegiatan ini untuk bermain atau malas-malasan. Ada baiknya orang tua menyediakan makanan kecil dan minuman sebagai hadiah bagi seluruh anggota keluarga karena telah melakukan aktivitas ini bersama. Melakukan kegiatan membersihkan rumah dan lingkungan bersama ini akan mengajarkan anak menjadi pribadi yang mandiri. Hal ini akan mengembangkan rasa dan tanggung jawab anak setelah dewasa nanti.

2.Berkebun

Selain mengenalkan anak untuk mencintai lingkungan, anak juga dapat mengenal bermacam tanaman, mengetahui bagaimana tanaman tumbuh, dan bagaimana cara merawat tanaman. Bebaskan anak untuk mengalami sendiri pengalaman ketika memegang tanah, menyiram tanaman atau bahkan bertemu cacing tanah. Berikan jawaban yang mudah dipahami ketika anak bertanya dan jangan membatasi banyaknya pertanyaan anak. Dalam kegiatan ini, orang tua sebaiknya juga menyediakan makanan kecil dan minuman untuk dinikmati bersama. Selain hubungan semakin erat, halaman rumah menjadi indah, bersih dan segar.

3.Memasak

Kegiatan memasak tidak hanya dilakukan oleh perempuan saja, laki-laki pun bisa melakukannya. Memasak tidak harus memasak makanan berat, dapat juga membuat kukis atau cake. Pembagian kerjanya bisa diatur, misal perempuan bagian mengadon bahan, sedangkan bagian laki-laki membentuk atau menghias. Orang tua jangan malas mencari resep, carilah resep yang mudah agar dapat dikerjakan bersama. Saat kegiatan berjalan, anak juga bisa diajarkan tentang bahan makanan dan kandungan gizinya. Sebagai penutup acara, hasil dari kerja sama ini dapat dinikmati bersama-sama.

4.Membacakan cerita

Bagi orang tua yang bekerja, seringkali mereka tidak memiliki waktu untuk membacakan cerita kepada anak karena ketika pulang ke rumah usai bekerja anak kerap didapati sudah tidur. Sebagai pengganti, akhir pekan dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan ini. Agar acara ini menjadi meriah dan anak-anak lebih tertarik, ada baiknya orang tua menggunakan berbagai perlengkapan seperti boneka dan kostum. Libatkan anak sebagai salah satu tokoh cerita.

5.Bermain permainan edukatif

Ada banyak jenis permainan yang dapat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga, misal: ular tangga, halma, monopoli, balok bongkar pasang, puzzle bahkan lego. Dengan melakukan permainan seperti ini selain motorik anak semakin terlatih, juga dapat meningkatkan keakraban komunikasi antar anggota keluarga.

6.Nonton bersama

Nonton bersama dapat dijadikan waktu untuk kumpul bersama keluarga. Pilih film yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Nonton bersama ini bisa tidak harus dilakukan dengan pergi ke bioskop, di rumah pun bisa. Ketika nonton bersama dilakukan di rumah, ada baiknya orang tua melakukan beberapa persiapan, misalnya menyiapkan cemilan dan minuman sebagai teman nonton, mengatur ruangan bahkan menambahkan sound system.

7.Mengunjungi tempat wisata edukatif

Ada banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi bersama keluarga yang bernilai edukasi, misal: museum, taman, kebun binatang, pantai dan banyak lagi. Membawa anak ke tempat wisata yang memiliki nilai edukasi akan mengajarkan anak nilai-nilai kehidupan bersosial. Anak akan semakin cinta kepada lingkungan dan berempati kepada lingkungannya. Ajarkan anak sedari dini untuk tidak memiliki gaya hidup konsumtif.

Share

Related posts

Leave a Comment