Cerdas Memberikan Gadget Kepada Anak

Share

Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan anak, baik fisik, kognitif, emosi, sosial, dan motorik. Jika penggunaan kemajuan teknologi diimbangi dengan interaksi anak dengan lingkungan sekitarnya akan dapat membantu daya kreatifitas anak.

Saat ini, fenomena yang ada balita mahir menggunakan gadget canggih. Sudah sangat jarang kita melihat anak-anak bermain permainan tradisional. Game di gadget menjadi menu kesukaan anak-anak. Sebagian besar orangtua memberikan gadget kepada anak-anak agar mereka tenang dan tidak merepotkan.

Gadget memiliki banyak manfaat apabila digunakan sebagaimana mestinya. Namun, memberikan gadget di usia dini kepada anak memiliki resiko negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Di usia anak yang masih sangat muda, syaraf sensor anak masih sangat peka terhadap cahaya, warna, suara yang dikandung gadget. Pertumbuhan motorik anak bisa terganggu jika anak sering bersentuhan langsung dengan gadget yang mengandung radiasi.

Dampak untuk perkembangan anak, karena bermain gadget merupakan media dimana anak menyaksikan sesuatu yang berulang-ulang, misalnya aksi dan perilaku tokoh-tokoh tertentu dalam sebuah game, bukan tidak mungkin, akhirnya tanpa disadari, anak mengadopsi pola yang ada dalam game sehingga mempengaruhi cara berpikir, berbicara, mengatasi masalah, dan berinteraksi anak.

Di usia masa pertumbuhan dan perkembangan, anak memerlukan banyak melakukan kegiatan sesuai usianya. Peran orangtua untuk memberlakukan batas waktu anak bermain dengan gadget agar anak dapat melakukan aktivitas yang seimbang dan sesuai usia anak.

Share

Related posts

Leave a Comment