Aku Anak Indonesia, Sipartogi Kampungku, Danau Toba Kebanggaanku!! Sipartogi, 27-30 Desember 2016

Share

Bermain sangat lekat dengan kehidupan anak. Dengan bermain anak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang membantu tumbuh kembang anak. Bermain merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan wadah untuk bereksperimen dan berekspresi secara aktif. Dalam bermain anak juga belajar berkomunikasi dengan teman sebayanya. Ketika anak bermain bersama teman sebayanya anak pun belajar saling menghargai dan berbagi.

Di abad ini kita hampir tidak bisa menghindari pengaruh globalisasi dan modernisasi dalam dunia bermain anak. Banyak jenis permainan dan mainan yang ditawarkan dengan “jor-joran”. Berbagai macam mainan pun dapat diperoleh dengan sangat mudah. Ada mainan dari harga ribuan rupiah, ratusan ribu rupiah bahkan jutaan rupiah. Anak-anak pun kini sudah sangat akrab dengan berbagai jenis gadget. Gadget tidak hanya akrab dalam kehidupan anak-anak yang tinggal di perkotaan namun juga telah menghampiri anak-anak di pedesaan. Sudah sangat jarang anak-anak yang bermainan permainan tradisional. Jangankan untuk bermain permainan tradisional, mengenal nama-nama permainan tradisional tersebut pun sudah jarang didengar mereka.

Tidak ada yang salah dengan gadget. Bermanfaat atau tidaknya sebuah gadget tergantung penguasaan atas penggunaannyalah yang menentukan. Apakah gadget tersebut memberikan manfaat bagi anak? Di sinilah peranan orang dewasa khususnya orangtua untuk mengawasi dan mendampingi anak dalam menggunakan gadget.

Dalam rangka menghidupkan kembali permainan tradisional yang mengandung manfaat besar dalam hal olah tubuh, namun sudah jarang dimainkan anak-anak, pada bulan Desember 2016, tepatnya dalam acara Gerakan Cinta Danau Toba (GCDT) II yang berlangsung pada tanggal 27-30 di Silalahi-Paropo-Tongging (SIPARTOGI), Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, salah satu aktivitas yang dilakukan adalah menampilkan permainan tradisional dan aktivitas anak.

Permainan tradisional berlangsung di Paropo pada hari pertama GCDT II, tanggal 27 Desember 2016. Permainan tradisional yang dimainkan anak-anak tingkat Sekolah Dasar ini antara lain margala, marsitekka, marjalekkat dan marasurta. Mereka sangat antusias dalam bermain. Tidak ada kata dan wajah capek yang mereka tunjukkan. Panas terik matahari tidak mereka hiraukan dan dengan bersemangat menuntaskan permainan. Dalam bermain anak-anak belajar untuk bekerjasama dan memiliki jiwa sportif. Permainan tradisional ditutup dengan menetapkan para pemenang juara I, II, III dan Harapan I, Harapan II. Sekalipun tidak keluar sebagai pemenang, setiap anak yang terlibat dalam permainan tradisional ini adalah anak-anak yang hebat. Sebagai anak-anak yang hebat setiap anak mendapatkan goodybag yang telah disediakan.

Pada tanggal 28 dan 30 aktivitas anak lainnya yang dilakukan di Sipartogi antara lain menggambar, mewarnai, cerita boneka tangan, bernyanyi dan balloonning. Dalam kegiatan ini difasilitasi oleh Susi Rio Panjaitan. Kegiatan mewarnai dilakukan anak tingkat PAUD dan TK, sedangkan menggambar mewarnai dilakukan oleh anak tingkat Sekolah Dasar. Tema yang diangkat tentang Danau Toba, salah satu keajaiban dunia yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat memiliki semangat mencintai lingkungan Kawasan Danau Toba dan membangun masa depannya yang lebih baik. Anak-anak diperkenalkan, betapa beruntungnya mereka tinggal di Kawasan Danau Toba yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Semangat dan jiwa seorang anak terlukis jelas dan indah pada diri anak-anak Sipartogi. Setiap anak terlibat aktif dalam kegiatan demi kegiatan. Aktivitas anak ini pun tersedia hadiah bagi pemenang lomba mewarnai dan menggambar. Setiap anak juga mendapatkan goodybag yang telah dipersiapkan panitia GCDT II sebagai bentuk apresiasi atas semangat anak-anak ini.

Semua anak-anak Sipartogi adalah anak-anak yang hebat dan luar biasa. Anak-anak yang layak mendapat acungan kedua jempol kita. Anak-anak yang harus kita perhatikan dan perjuangkan hingga kelak mereka menjadi generasi yang handal, terkhusus untuk Kawasan Danau Toba.

Aku Anak Indonesia, Sipartogi Kampungku, Danau Toba Kebanggaanku!!

Aktivitas Anak Kampung Silalahi
Aktivitas Anak Kampung Silalahi
Aktivitas Anak Sipartogi, Sumut
Aktivitas Anak Kampung Paropo
Aktivitas Anak Kampung Paropo
Aktivitas Anak Sipartogi, Sumut

Share

Related posts

Leave a Comment