Video : Memberikan Seks Edukasi Kepada Anak Usia Dini, Lewat Bernyanyi

Share

Tidak semua orangtua bisa mengajarkan pendidikan seks kepada anak, apalagi untuk anak usia dini. Keterbatasan pengetahuan, kecakapan untuk memaparkan menjadi kendala bagi orangtua. Padahal pendidikan seks sedari dini sangat diperlukan anak, mengingat saat ini banyak terjadi kasus pelecehan, kekerasan dan kejahatan seksual pada anak, baik yang dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Dalam memberikan pendidikan seks kepada anak, hal yang sangat perlu diperhatikan adalah berikanlah pendidikan seks yang baik, benar dan sehat kepada anak sedini mungkin, sesuai dengan usia dan perkembangan anak.

Bagaimana cara memberikan pendidikan seks yang tepat untuk anak usia dini? Salah satu cara yang sangat mudah untuk dilakukan yakni dengan bernyanyi. Ada sebuah lagu dengan lirik sederhana, mengambil contoh nada lagu “Pelangi-Pelangi”. Tentunya sangat mudah untuk diajarkan kepada anak. Saat bernyanyi bersama, di sinilah orangtua mengajarkan kepada anak “mana area tubuh anak yang boleh dilihat, disentuh orang lain dan mana area yang tidak boleh disentuh bahkan tidak boleh dilihat oleh orang lain”.

 

Share

Related posts

Leave a Comment