Jalan-Jalan Seru Bersama Anak ke Pasar Tradisional

Share

Maraknya kehadiran mall belakangan ini, semakin meminggirkan kebiasaan masyarakat untuk mengunjungi pasar tradisional. Dewasa ini, semakin jarang anak-anak yang mengunjungi pasar tradisional sehingga mereka kurang mengenalnya.

Bagi orangtua, pergi ke pasar tradisional bisa dijadikan aktivitas kreatif yang menyenangkan bersama anak. Mengunjungi pasar tradisional akan menjadi sebuah alternatif wisata yang juga dapat menambah pengetahuan anak.

Menjadikan kegiatan ini menjadi wisata yang menyenangkan, beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua, antara lain:

  1. Buatlah jadwal mengunjungi pasar tradisional bersama anak seperti untuk pergi ke tempat wisata lainnya. Carilah lokasi pasar tradisional yang tidak terlalu jauh dan layak dikunjungi anak.
  2. Tidak melakukan kunjungan pada musim hujan atau saat hari-hari ramai pasar.
  3. Pergi ke pasar tradisional kali ini bukan untuk melakukan belanja harian yang ada aktivitas tawar-menawar karena itu akan menjenuhkan bagi anak.
  4. Mengenakan pakaian yang santai dan tidak membawa perlengkapan yang merepotkan.
  5. Ajaklah anak mengelilingi blok/los yang sesuai dengan usia anak, sambil memberikan informasi sebagai penambah pengetahuannya, misal: mengunjungi penjual buah, sayur, ikan. Di los ini, anak bisa belajar mengenal secara riil nama-nama buah, sayur dan ikan.
  1. Perkenalkan anak kepada sistem tawar-menawar. Cukup melakukan aktivitas belanja di satu pedagang saja, misal: membeli buah atau sayur.
  2. Menambah seru acara ini, jangan lupa untuk mengabadikan kegiatan anak dalam bentuk photo.
  3. Tidak terlalu lama menghabiskan waktu di dalam pasar.
  4. Jangan lupa, di sesi terakhir ajak juga anak wisata kuliner di sekitar pasar. Carilah tempat makan yang layak untuk dikonsumsi anak.
pedagang-1
pedagang-1
Pasar Tradisional
pedagang-2
pedagang-2
Pasar Tradisional
pedagang-3
pedagang-3
Pasar Tradisional
Share

Related posts

Leave a Comment