Gizi Seimbang sebagai Asupan Harian Anak

Share

Tidak dipungkiri globalisasi berpengaruh pada gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya pada pola makan. Banyak orang yang mengkonsumsi makanan tanpa pertimbangan, terkadang hanya mengutakaman rasa senang dan puas semata. Padahal, tubuh perlu asupan gizi, mineral, vitamin, dan serat yang seimbang guna optimalisasi proses metabolisme tubuh.

Sayangnya, banyak masyarakat yang masih tidak memahami konsep gizi seimbang karena lebih mengenal pola makan 4 sehat 5 sempurna sehingga inilah yang diberikan kepada anak.

Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna yang dikenal selama ini lebih menekankan susu sebagai penyempurnanya dan menekankan pentingnya empat golongan makanan (karbohidrat untuk tenaga, protein sebagai zat pengatur, lemak sebagai sumber energi, vitamin dan mineral pada sayur serta buah-buahan berguna untuk pemeliharaan). Susunan makanan tersebut belum tentu sehat tergantung pada porsi dan jenis zat gizinya sesuai dengan kebutuhan.

Saat mengonsumsi makanan, gizi seimbang haruslah diperhatikan karena di dalam prinsip gizi seimbang memiliki empat pilar utama, yaitu mengonsumsi makanan yang beraneka ragam, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga berat badan ideal, dan pola hidup aktif.

Menjadikan anak tumbuh sehat dan berkembang optimal, seyogyanya konsep gizi seimbang diterapkan dalam piring makan anak, yakni nasi, lauk, sayur, buah dan air mineral.

 

Selamat Hari Gizi Nasional Indonesia.

Anak Indonesia Tumbuh Sehat, Cerdas dan Ceria.

Share

Related posts

Leave a Comment