Membiasakan Anak Membaca Buku Sejak Dini

Share

Membaca buku merupakan sebuah aktivitas yang memiliki segudang manfaat. Dengan membaca dapat menambah wawasan, meningkatkan kreativitas, dan juga mendapatkan hiburan. Kebiasaan membaca buku juga akan membuat otak selalu aktif setiap waktu sehingga semakin meningkatkan kemampuan otak dan menghindari penurunan daya ingat.

Sayangnya, kebiasaan membaca buku tampaknya sudah mulai berkurang di masyarakat kita seiring dengan kehadiran gadget dengan berbagai feature yang menarik. Kemudahan mengakses informasi ataupun hiburan melalui gadget berdampak banyak orang lebih memilih menghabiskan waktu dengan gadget daripada membaca buku.

Menanamkan kebiasaan membaca buku pada anak sejak usia dini tentunya akan sangat membantu menumbuhkan minat baca anak. Banyak anak-anak dan orangtua beralasan “tidak tahu apa yang harus dibaca” sebagai alasan rendahnya minat baca anak.

Di sinilah dituntut peran orangtua untuk memberikan bimbingan agar anak memilih buku dengan tepat. Anak-anak akan menunjukkan minat yang lebih untuk membaca ketika mereka dapat memilih buku yang akan mereka baca.

Berikut cara sederhana untuk memunculkan minat baca anak.

  • Biasakan membacakan buku kepada anak sejak lahir. Jadikan membaca sebagai kebiasaan dalam keluarga.
  • Dorong anak untuk bercerita tentang apa yang telah didengar anak dari buku yang dibacakan atau yang dibaca sendiri oleh anak.
  • Bikin jadwal tertentu untuk pergi ke toko buku bersama anak.
  • Belikan anak buku dengan meminta anak untuk memilih sendiri buku yang menarik minat anak.
  • Bikin jadwal tetap anak membaca buku tanpa penghambat seperti bebas gadget atau televisi.
  • Jika memungkinkan, buatlah sebuah ruangan khusus sebagai perpustakaan keluarga.
Share

Related posts

Leave a Comment