Memanfaatkan Gadget sebagai Media Belajar Anak

Share

Saat ini dunia berubah dengan pergerakan sangat cepat. Seiring berjalannya waktu, kemajuan perkembangan teknologi dan informasi dari yang sederhana menjadi modern terus mengalami perubahan. Era global saat ini, sarat dengan persaingan di berbagai bidang. Banyak tantangan yang harus siap dan sigap dilakukan untuk memenangkan kompetisi yang mau tidak mau harus dihadapi oleh setiap individu.

Peranan orangtua dituntut penuh dalam mempersiapkan anak kelak menjadi pribadi yang siap menghadapi jaman agar dapat bertahan bahkan memenangkan pertandingan. Di era global ini, dibutuhkan manusia yang berkualitas sebagai sumber daya manusia yang komprehensif dalam berpikir, selalu mengantisipasi tuntutan di masa depan, memiliki sikap positif, berwawasan, serta memiliki kemampuan, keterampilan dan keahlian.

Banyak media dapat digunakan orangtua untuk memberikan proses pembelajaran kepada anak. Perkembangan teknologi tidak hanya sekedar menawarkan hiburan semata. Orangtua dapat memanfaatkan perkembangan gadget sebagai jendela dunia untuk meningkatkan pembelajaran anak. Di sinilah peran orangtua sangat penting; orangtua menjadi fasilitator yang efektif dari proses belajar. Belajar akan semakin optimal ketika anak terlibat dan menikmati prosesnya. Anak perlu mengembangkan keterampilannya sehingga menjadi kreatif dan kritis.

Penggunaan gadget harus mendapat pengawasan penuh dari orangtua. Perlu dibuat aturan-aturan dalam menggunakan gadget untuk mendapatkan hasil positif. Dimulai dari orangtua memberikan contoh yang baik dan benar dalam menggunakan gadget sehingga otoritas yang dimiliki orangtua dihormati dan dihargai anak. Orangtua harus bekerjasama dengan baik untuk menentukan peraturan bergadget kepada anak karena kekompakan orangtua akan menolong anak tetap terbuka kepada orangtua.

Share

Related posts

Leave a Comment