Playdate Mengajar Anak Bersosialisasi

Share

Playdate adalah kegiatan bermain anak bersama teman sebayanya dengan mengundang satu atau dua orang temannya, bisa dilakukan di dalam rumah atau pun di luar. Saat ini, playdate sudah banyak dilakukan khususnya keluarga yang tinggal di kompleks perumahan yang jumlah anak-anaknya sedikit dan jarang bersosialisasi dengan sekitarnya. Sosialisasi merupakan suatu proses pembelajaran berkaitan dengan pola interaksi dengan individu lainnya yang memainkan peran sosial dalam masyarakat kelak. Pada prinsipnya playdate bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak lewat bermain dengan cara yang menyenangkan.

Kegiatan ini sudah bisa diberikan kepada anak sejak usia bayi, anak di bawah tiga tahun (batita), hingga anak berusia delapan tahun. Peserta playdate seyogyanya berada dalam rentang usia yang sama sehingga anak-anak jadi lebih mudah akrab karena tidak ada anak yang merasa terkucilkan. Sekalipun kegiatan ini dilakukan oleh anak-anak, bukan berarti anak dibiarkan bermain begitu saja. Biasanya para ibu yang banyak mengambil peran dalam mempersiapkan kegiatan ini agar berjalan dengan baik dan aman bagi anak.

Apa yang perlu diperhatikan ketika merencanakan sebuah playdate untuk anak?

1. Peserta Playdate

Tentukan siapa saja yang akan diundang. Apakah anaknya teman-teman orangtua atau teman-teman sekolah anak. Banyak orangtua yang lebih memilih playdate dengan anak dari teman mereka, mungkin  ini membuat orangtua tidak canggung karena sembari menunggui anak-anak bermain, bisa berbincang-bincang bersama.

Tidak masalah playdate dilakukan dengan anak berbeda jenis kelamin karena pada usia ini anak-anak belum paham tentang perbedaan jenis kelamin.

Sebaiknya peserta playdate dengan hanya dua anak dan dua orangtua sehingga tidak perlu khawatir jika salah satu anak meninggalkan arena bermain.

2. Waktu yang tepat

Rencana ini sebaiknya disampaikan kepada orangtua dari teman bermain anak. Tetapkan waktu sesuai kesepakatan bersama.

Lama waktu bermain disesuaikan dengan usia anak, tentunya waktu bermain bayi dan anak-anak berbeda. Pilih waktu ketika anak dalam kondisi fit.

3. Tempat yang menyenangkan dan aman

Untuk playdate pertama sebaiknya dilakukan di rumah. Orangtua dapat melakukan evaluasi dari playdate pertama ini untuk merencanakan playdate selanjutnya. Di playdate pertama ini orangtua bisa melihat perilaku anak dan teman anak . Jika anak dan temannya terlihat cocok, orangtua bisa merencanakan playdate selanjutnya. Namun, jangan hanya melihat dari playdate pertama ini. Jika di playdate pertama anak belum terlihat cocok, bisa dicoba lagi di playdate berikutnya. Jika tetap tidak cocok, bisa direncanakan dengan anak yang lain lagi. Jika anak sudah cocok, playdate selanjutnya bisa direncanakan ke tempat-tempat lain. Perlu diperhatikan, tempat bukan disesuaikan dengan keinginan orangtua.

4. Jangan Banyak Mencampuri

Biarkan anak bermain dan berekspresi. Tak perlu repot menunjukkan pada anak bagaimana cara bermain yang benar, orangtua cukup mengawasi keamanan anak saja dari jauh. Tujuan playdate adalah agar anak-anak belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Jika anak-anak memukul, menggigit, atau melempar sesuatu, orangtua baru turun tangan. Tapi selama semua aman, jangan terlalu ikut campur.

5. Jenis Mainan

Persiapkan jenis mainan apa yang akan dimainkan anak. Gadget atau playstation tentunya tidak cocok di acara playdate. Bisa dipilihkan mainan seperti lego, balok-balok, mobil-mobilan, masak-masakan atau bermain bola, pokoknya semua mainan yang membuat semua anak berpartisipasi untuk bermain bersama, bukan untuk asyik sendiri. Jumlah mainan juga perlu diperhatikan, agar tidak terjadi rebutan mainan nantinya.

6. Cemilan Sehat

Jangan lupa mempersiapkan cemilan bahkan makanan atau minuman khusus untuk anak. Saat bermain, anak banyak melakukan kegiatan fisik yang tentunya menguras energi sehingga anak akan cepat menjadi lapar. Jika perlu, dapat ditanyakan kepada orangtua teman anak, kira-kira apakah ada anak yang berpantang dengan suatu makanan.

Share

Related posts

Leave a Comment