Pelatihan GSM Klasis GPI di Tanah Papua, Merauke

Share

Merauke, Jum’at (14/6/2019)

Anak adalah pribadi yang unik. Mereka memiliki kemampuan untuk mengerti, memahami suatu hal sesuai dengan tingkat tumbuh dan perkembangannya. Tidak hanya dalam pendidikan formal saja anak membutuhkan bimbingan untuk mendapatkan suatu penjelasan yang benar dan tepat. Demikian pula dalam kehidupan perkembangan rohani anak, hal berita Injil pun harus disampaikan sesuai dengan tingkat perkembangan dan pengertian anak, sejajar dengan kemampuan bahasa yang dimilikinya.

Guru Sekolah Minggu (GSM) memiliki peranan yang luar biasa dalam kehidupan rohani Anak Sekolah Minggu (ASM). Dalam pelayanan sekolah minggu apa yang seorang GSM ajarkan dan lakukan akan memberikan fondasi bagi kehidupan rohani anak-anak di masa depan. Sumber daya manusia (Guru Sekolah Minggu) yang berkualitas sangatlah penting dalam meningkatkan mutu suatu pendidikan atau pengembangan suatu pengajaran yang bermanfaat bagi anak.

Dalam hal ini GSM yang berkualitas sangat berperan dalam menjalankan kegiatan Sekolah Minggu. GSM yang berkualitas juga akan menentukkan kualitas hasil dari proses pembelajaran atau materi yang diberikan kepada ASM sehingga anak dapat berubah atau memiliki suatu perubahan yang terjadi dalam kehidupan anak. GSM yang berkualitas maka ia sebagai seorang pengajar akan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Gereja Protestan Indonesia (GPI) di Tanah Papua mengambil peran penting dalam mendidik anak untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi Kristen yang berkarakter. Dengan mengadakan pelatihan untuk GSM untuk memperlengkapi mereka agar memiliki bekal dan keterampilan dalam melayani di Sekolah Minggu.

Pelatihan diselenggarakan selama 3 hari (14-16/06) dengan dimoderasi Susi Rio Panjaitan, Psycho-Educator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri dengan topik sebagai berikut:

  • Psikologi anak.
  • Membangun karakter Guru Sekolah Minggu (GSM).
  • Mengenal lebih dekat Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
  • Bagaimana memimpin pujian untuk anak di sekolah minggu.

Pelatihan untuk GSM penting karena tugas mereka bukan hanya untuk menumbuhkan kerohanian anak saja, melainkan juga untuk mengembangkan kreativitas dan pola pikir anak karena tidak semua guru memulai dengan keterampilan dan kemampuan yang sama.

Picture5
Picture3
Picture4
Picture2
Picture6

 

Share

Related posts

Leave a Comment