Pelatihan : Identifikasi dan Asesmen, Guru SLB A dan A+ Elsafan Jakarta (Hari ke-3)

Share

Kamis (11/5/2022)

Deteksi dini pada anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan salah satu usaha dengan cara yang spesifik untuk mengamati tumbuh kembang anak secara fisik atau psikis dalam rangka membantu anak agar mendapat perlakuan yang sesuai dengan kondisinya. Deteksi dini ABK dimaksudkan sebagai suatu upaya untuk melakukan proses penjaringan terhadap anak yang mengalami kelainan atau penyimpangan sedini mungkin dalam rangka pemberian layanan sesuai kebutuhannya.

Identifikasi dini sangat menunjang proses penanganan yang membutuhkan perhatian khusus agar seluruh potensi dan kemampuan yang dimiliki anak sebagai individu dapat berkembang dan berfungsi secara maksimal karena dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan. Instrumen untuk identifikasi dini ABK dapat dilakukan berdasarkan tumbuh kembang dan tahap perkembangan anak berdasarkan aspek kognisi, motorik, sosial, emosi, bahasa dan komunikasi.

Untuk dapat merealisasikan perumusan program dan proses implementasi program pembelajaran atau tatalaksana bagi anak berkebutuhan khusus secara efektif, maka dalam membuat rencana program tata laksana individual harus disusun berdasarkan hasil asesmen individu yang bersangkutan.

Bagaimana melakukan identifikasi dini? Apa itu asesmen? Apa tujuan asesmen? Kapan asesmen dilakukan? Bagaimana melakukan Asesmen? Siapa yang melakukan asesmen? Apa yang perlu diperhatikan dalam melakukan asesmen? Ini beberapa hal yang dijelaskan dalam pelatihan bagi Guru-Guru SLB A dan A+ Elsafan Jakarta pada tema:  Identifikasi dan Asesmen yang dijelaskan oleh Susi Rio Panjaitan, M.Si, C.T, Psycho-Educator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri sebagai trainer pada Kamis (12/5) di pertemuan hari ketiga.

Share

Related posts

Leave a Comment