Pembinaan GSM: Pentingnya Memahami Psikologi & Perkembangan Anak, HKBP Immanuel Kelapa Gading Jakarta

Share

Minggu (23/07/2023)

Anak adalah tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan; Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Merujuk kepada Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, kita dapat memperoleh gambaran siapa anak di mata hukum Indonesia.

Anak begitu berharga maka kepada siapa anak dipercayakan untuk diasuh, dididik, diajar sehingga ia bertanggung jawab terhadap anak ini. Guru Sekolah Minggu (GSM) yang mendapat kepercayaan dari Tuhan bahkan tanggung jawab untuk mendidik dan mengajar anak peran mereka bukan sekedar melakukan transfer knowledge namun menanamkan value dan iman. Peran GSM menjadi sangat penting karena mendapat kesempatan diberi kepercayaan dan tanggungjawab oleh Tuhan lewat Gereja di masa penting fase kehidupan anak.

Melayani anak sekolah minggu bukan pelayanan sembarangan sehingga juga tidak boleh memberi pelayanan sembarangan kepada anak. Bagaimana dapat memberi pelayanan yang terbaik dan optimal kepada anak. Tentunya GSM harus mengenal siapa anak yang mereka layani. Mengenal bukan hanya sekedar tahu nama anak, usia anak, jenis kelamin anak dan siapa orangtua anak. Ada hal-hal penting mendasar mengenai anak yang harus diketahui seorang GSM sehingga akan sangat membantu dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai GSM.

HKBP Immanuel Kelapa Gading Jakarta memberikan kesempatan dan sebuah ruang untuk GSM mendapatkan¬† bahkan meningkatkan pengetahuan lewat diskusi dan berbagi pengalaman sehingga mengenal siapa anak-anak yang dilayaninya. Pada Minggu (23/7) dalam Kegiatan Pembinaan GSM ruang edukasi tersebut diberikan dengan tema: “Pentingnya Memahami Psikologi & Perkembangan Anak dalam Pelayanan Sekolah Minggu.” Pemaparan materi diberikan oleh¬† Susi Rio Panjaitan, Psycho-Educator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri. Diharapkan dengan semakin bertambahnya pengetahuan dan keterampilan GSM mereka akan semakin dimantapkan untuk memberi pelayanan terbaik dan optimal kepada anak sekolah minggu yang dilayaninya.

 

Share

Related posts

Leave a Comment