Pelatihan : Mengembangkan Pelayanan Anak yang Effektif, HKBP Tangerang

Share

Minggu (6/8/2023)

Anak bukan hanya sebagai generasi penerus bangsa namun ia adalah penentu masa depan baik itu bangsa, kaum, suku, dan keluarga. Anak memiliki peran penting akan seperti apa suatu bangsa, kaum, suku dan keluarga di masa yang akan datang. Mempersiapkan dan memperlengkapi anak akan menjadi kunci keberhasilan mengantar anak sebagai generasi penerus yang andal. Anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental, maupun sosial.

Mempersiapkan anak agar kelak menjadi generasi andal dan berkarakter tentunya bukan pekerjaan mudah dan akan menjadi sulit jika dilakukan sendiri. Sehingga agar layanan optimal terbaik untuk kebutuhan terbaik dan tertepat anak dapat terpenuhi dibutuhkan kerja sama dari keluarga (orangtua), masyarakat, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan dan pemerintah. Hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan layanan kepada anak, tentunya para pelayan anak harus mengenal siapa anak. Mengenal anak bukan hanya sekedar tahu nama, usia, jenis kelamin dan orangtuanya siapa.

Para pelayan anak atau orang yang memberikan layanan langsung kepada anak setidaknya haruslah memiliki pengetahuan perkembangan dan psikologi anak. Dengan mengenal siapa anak yang dilayaninya akan sangat membantu para pelayan anak untuk memahami anak dengan benar. Ketika seorang pelayan anak mengenal siapa anak yang dilayaninya, ia akan mampu untuk memahami aksi dan reaksi anak tersebut. Mengenal dan memahami anak yang dilayaninya akan mempermudah pelayan anak untuk menyusun program layanan seperti apa yang akan diberikan dan bagaimana menjalankan program tersebut.

Dalam rangka memberikan layanan optimal kepada Anak Sekolah Minggu HKBP Tangerang, para Guru Sekolah Minggu (GSM) diberi penambahan keterampilan agar semakin mengenal anak yang dilayaninya dan dapat membuat program pelayanan juga pembelajaran yang sesuai untuk kebutuhan terbaik anak. Melalui kegiatan Pelatihan GSM pada Minggu (6/8) bersama¬†Susi Rio Panjaitan, Psycho-Educator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri sebagai trainer untuk memberikan pelatihan dengan tema: “Mengembangkan Pelayanan Anak yang Effektif.” Guru Sekolah Minggu meskipun bukan merupakan seperti guru formal di sebuah lembaga pendidikan namun memiliki tanggung jawab untuk memberikan layanan terbaik untuk kebutuhan terbaik anak. Karena seorang GSM juga turut andil dalam terbentuknya seorang anak akan menjadi apa di masa yang akan datang.

Share

Related posts

Leave a Comment