Seminar Parenting : Waspada!!! Anak Menjadi Pelaku & Korban Cyber Crime, Lembaga JALA

Share

Kamis (10/08/2023)

Saat ini kita ada dalam masa percepatan di mana semua bidang bergerak cepat. Era ini juga diakui menjadi masa kemajuan teknologi khususnya internet yang luar biasa. Kini semua sektor yang dari konvensional beralih ke digital. Dengan digitalisasi kehidupan manusia khususnya dalam memenuhi kebutuhan hidup semakin dipermudah dan semakin dipercepat untuk memperolehnya. Tentunya ini menjadi sangat baik dan bermanfaat. Namun selain memberikan dampak positif, ada juga dampak negatif. Kemajuan teknologi digital ini juga dipergunakan atau dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan dirinya sendiri (kelompoknya) sehingga merugikan orang lain, merusak bahkan juga berbahaya.

Bahaya penyalahgunaan teknologi digital ini sangat mengerikan terlebih kepada anak yang mana mereka merupakan generasi penerus suatu keluarga, kaum, agama dan bangsa. Kemajuan teknologi internet bukan hanya dipergunakan oleh orang dewasa namun juga anak-anak, mereka merupakan bagian dari pengguna kemajuan ini. Sangat memprihatinkan, media sosial semakin vulgar menyuguhkan konten tentang kejahatan, kekerasan, bullying, pornografi, kejahatan seksual, dan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama yang diakui di Indonesia. Hal ini akan mengancam keselamatan dan kesehatan anak-anak sebagai generasi penerus.

Anak-anak kita sebagai generasi penerus, yang mana di pundak merekalah kita menaruh harap bahwa kelak mereka menjadi generasi andal yang berkarakter baik. Mereka harus kita jaga dan lindungi dari segala hal bentuk kejahatan yang mengancam mereka. Menjaga dan melindungi anak-anak kita untuk mengantar mereka ke gerbang masa depan yang lebih baik menjadi tanggung jawab bersama. Perlu kerja sama dari keluarga (orangtua), masyarakat, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan dan pemerintah. Kita tidak boleh diam menunggu bahaya dari dampak negatif kemajuan ini menghampiri anak-anak kita.

Apa yang bisa dilakukan dalam mewaspadai hal ini. Hal ini didiskusikan dalam seminar parenting secara online yang diselenggarakan oleh Lembaga JALA pada Kamis (10/8) dengan topik: “Waspada!!! Anak Menjadi Pelaku & Korban Cyber Crime” bersama narasumber¬† Susi Rio Panjaitan, Psycho-Educator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri. Dengan berbagi pengalaman dan memberi masukan, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama dan ambil peran dalam mengawal generasi bangsa ini kelak menjadi generasi emas sebagaimana diharapkan.

Share

Related posts

Leave a Comment