Seminar Parenting: Pengaruh dan Bahaya Gadget Bagi Anak dan Cara Mengatasinya, Cipta Smart Cilacap, Jateng

Share

Kamis (21/3/2024)

Orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Mereka bukan hanya figur yang memberi makan dan tempat tinggal, tetapi juga mentor utama yang bertanggung jawab atas pembentukan karakter dan kesiapan anak-anak untuk menghadapi dunia. Di era digital ini, tanggung jawab orangtua semakin besar untuk mempersiapkan anak-anak menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh. Seiring dengan kemajuan teknologi yang membawa berbagai dampak, baik positif maupun negatif, orangtua harus mampu membimbing anak-anak mereka agar bisa menghadapi tantangan zaman dengan bijaksana dan memanfaatkan teknologi secara positif.

Cipta Smart di Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis (21/3) menyelenggarakan seminar parenting di mana menjadi wadah penting bagi orangtua anak di PAUD Cipta Smart untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai pengaruh dan bahaya gadget bagi anak-anak, serta strategi mengatasi dampak negatifnya. Dengan tema “Pengaruh dan Bahaya Gadget bagi Anak dan Cara Mengatasinya”, seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas kepada orangtua agar mereka dapat memberikan bimbingan yang tepat dan edukasi yang seimbang kepada anak-anak mereka, yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa.

Mengundang Susi Rio Panjaitan, seorang trainer bersertifikasi, praktisi psikologi anak, praktisi hukum perlindungan anak, dan psikoedukator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri, yang membawakan materi mengenai dampak negatif penggunaan gadget pada perkembangan anak-anak. Dengan pengalaman dan pengetahuannya dalam bidang ini, Susi Rio memberikan pandangan yang berharga tentang bagaimana orangtua dapat memahami dan mengatasi tantangan yang dihadapi anak-anak dalam era digital ini.

Dalam konteks ini, penting untuk diakui bahwa bahaya dari dampak negatif gadget telah terbukti dapat merusak generasi. Dengan semakin mudahnya akses anak-anak terhadap teknologi, risiko kecanduan, gangguan tidur, kurangnya interaksi sosial, serta penurunan kualitas pembelajaran menjadi masalah yang perlu segera diatasi. Oleh karena itu, seminar ini menjadi langkah awal yang penting dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan orangtua untuk mengelola penggunaan gadget anak-anak secara bijaksana.

Selain itu, layanan edukasi masyarakat ini juga didukung oleh JKLPK Indonesia, sebuah lembaga yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Cipta Smart sebagai partisipan dari lembaga JKLPK Indonesia menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan dan perkembangan anak-anak. Dengan kerja sama ini, diharapkan seminar parenting ini dapat memberikan dampak yang nyata dalam membentuk pola asuh yang lebih baik bagi anak-anak, serta mempersiapkan mereka menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang.

 

Share

Related posts

Leave a Comment