Pelatihan: Family & Support System

Share

Anak, pendidikan dan lingkungan keluarga adalah satu kesatuan dari elemen merupakan pelengkap yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Keluarga merupakan area utama dan pertama dalam interaksi sosial bagi anak untuk belajar, memahami, dan menumbuhkan karakter pada anak. Anak dengan kebutuhan khusus terlahir dengan pertumbuhan dan perkembangan berbeda daripada anak umumnya sehingga membutuhkan perhatian lebih dan pendidikan khusus dalam memberikan stimulus-stimulus yang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan terhambatnya. Peran keluarga merupakan dasar pertama dan utama menjadi fondasi yang akan sangat memengaruhi pembinaan anak selanjutnya. Jika pembinaan tersebut dapat terlaksana dengan baik, maka dapat diasumsikan bahwa pembinaan tersebut telah dapat meletakkan dasar-dasar yang kuat bagi jenjang pendidikan berikutnya.

Namun, tidak semua keluarga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup sehingga dapat melakukan pendampingan yang tepat untuk anak atau anggota keluarga mereka terkhususnya yang menyandang kebutuhan khusus.

Yayasan Rumah Anak Mandiri menyediakan program Pelatihan: Family & Support System. Pelatihan untuk memperlengkapi dan menguatkan anggota keluarga yang memiliki komitmen dan konsistensi yang sama untuk membentuk satu tim sebagai pendamping dalam mendidik anggota keluarganya yang berkebutuhan khusus (autis, adhd, downsyndrome, slowlearner, dll).

Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran anak berkebutuhan khusus, yakni usia anak saat pertama kali ditangani secara benar dan teratur, intensitas terapi (sebagai contoh: anak penyandang autis membutuhkan terapi minimal 6 jam sehari atau 40 jam seminggu), berat ringannya derajat kelainan, IQ anak dan keutuhan pusat bahasa atau bicara di otak anak.

Dari beberapa faktor ini, 2 faktor pertama bersifat controllable artinya dapat diatur dan dikendalikan oleh orangtua, sedangkan ketiga faktor yang lain berada di luar kendali orangtua. Alangkah baiknya, jika kedua faktor pertama segera dijalankan orangtua, terlebih untuk memenuhi intensitas terapi (belajar) akan sangat membantu jika dijalankan bersama anggota keluarga lainnya.

Program pelatihan Family & Support System mengandung materi pelatihan (baik pengetahuan teori dan praktek) yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga berdasarkan karakteristik dari anak berkebutuhan khususnya. Sehingga, sebelum mengikuti program ini, tahap pertama yang dijalankan harus mengikuti sesi Konsultasi dengan melibatkan anak berkebutuhan khusus mereka untuk menggali informasi yang benar.

Syarat menjadi peserta pelatihan:

mengirimkan 1 tim maksimal 3 orang, terdiri dari anggota keluarga (yang tinggal serumah dengan anak) antara lain: ibu, bapak, kakak, abang, tante dan/atau pengasuh.

contoh : ibu + tante + kakak atau ibu + kakak + pengasuh atau tante + pengasuh

Durasi waktu belajar : 6 jam, 1x pertemuan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut klik tombol wa.

 

Share

Related posts

Leave a Comment