Private Baking Class for Special Need Children (autism; adhd; asperger; downsyndrome, etc)

Share

Keterampilan memasak adalah salah satu keterampilan hidup yang sangat bermanfaat. Sehingga belajar memasak sebaiknya mulai diperkenalkan kepada anak sejak dini. Banyak manfaat yang dihasilkan dari belajar memasak, antara lain melatih kemampuan kognisi, sensorik, dan emosi anak.

1.Menstimulasi kognisi. Saat belajar memasak tercipta komunikasi antara anak dan pengajar. Ada bahan percakapan yang berbeda pada setiap kegiatan. Dari kegiatan ini akan merangsang fungsi kognitif anak untuk terbiasa berpikir.

2.Menstimulasi sensorik. Lewat proses memasak anak bisa belajar mengamati, menyentuh, mendengarkan dan membaca. Indra penglihatan (melihat berbagai perlengkapan memasak), indra pendengaran (mendengar suara makanan yang diolah), indra peraba (menyentuh, menguleni, ), indra penciuman (mencium aroma makanan) dan indra perasa (mencicipi makanan).

3.Melatih konsentrasi dan daya ingat. Dalam kegiatan memasak, anak belajar mengikuti resep dan tahapan memasak , ini akan melatih anak untuk belajar menghafal.

4.Menstimulasi emosi anak. Ketika anak berhasil membuat kue, hal ini dapat menumbuhkan rasa bangga apalagi jika mendapatkan pujian. Dengan demikian, kepercayaan diri anak akan tumbuh.

5.Mengasah keterampilan berhitung dan berbagai pengetahuan. Belajar memasak dapat melatih untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengukur, mengamati, menghitung, dan memprediksi  suatu hal sehingga terlatih untuk lebih detail dan teliti.

6.Meningkatkan pemahaman. Selama proses memasak, banyak pengetahuan yang dapat diajarkan kepada anak lebih mendalam. Misalnya, apa kegunaan protein? apa saja sumber yang bisa menghasilkan protein?

7.Membuat terampil. Memasak adalah keterampilan dasar untuk bertahan hidup. Mengajarkan memasak pada anak sejak usia dini dapat menjadi bekalnya saat dewasa kelak. Anak jadi lebih terampil sehingga ketika usia dewasa anak bisa hidup mandiri.

Private Baking Class for Special Need Children (autism; adhd; asperger; downsyndrome, etc) merupakan kelas memasak yang diperuntukkan untuk anak berkebutuhan khusus di mana proses memasaknya menggunakan teknik baking. Apa itu baking? Baking merupakan salah satu jenis memasak dengan teknik memasak kering atau dry heat of cooking. Baking (memanggang) adalah teknik dalam pengolahan pangan menggunakan oven untuk mematangkan masakan tertentu tanpa menggunakan minyak atau air sebagai medium pindah panas.

Mengapa memilih teknik Baking untuk anak?

  • proses mengolah makanan menjadi lebih praktis.
  • kegiatan dapat dijalankan dengan  fun learning
  • banyak jenis makanan yang dapat dikreasikan dari membuat cake dan cookies.
  • proses memasak relatif lebih aman karena sudah banyak peralatan memasak yang aman digunakan.

Tunggu apalagi, mari kita latih anak belajar masak sejak dini.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut klik tombol wa.

 

Share

Related posts

Leave a Comment