Webinar ke-10: Mencegah dan Mengatasi Adiksi Gadget pada Anak, Onesimus

Share

Senin (3/6/2024)

Dalam rangkaian Seri Pembinaan Guru Sekolah Minggu edisi terakhir, yakni pertemuan ke-10 pada Minggu, 26 Mei 2024 yang diselenggarakan Onesimus mengangkat topik yang krusial dalam era digital ini: Mencegah dan Mengatasi Adiksi Gadget pada Anak. Seiring dengan perkembangan teknologi, anak-anak semakin terpapar dengan gadget dan perangkat elektronik. Hal ini menimbulkan risiko adiksi gadget yang dapat berdampak negatif pada perkembangan fisik, emosional, dan sosial anak-anak. Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara mencegah dan mengatasi adiksi gadget pada anak menjadi sangat penting bagi para guru Sekolah Minggu.

Guru Sekolah Minggu memiliki peran yang sangat vital dalam membimbing anak-anak dalam memahami dan menggunakan teknologi secara sehat dan bertanggung jawab. Mereka tidak hanya menjadi pelayan rohani, tetapi juga menjadi teladan dan pembimbing bagi anak-anak dalam menghadapi pengaruh gadget. Mendapatkan edukasi tentang mencegah dan mengatasi adiksi gadget akan membekali guru Sekolah Minggu dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengenali tanda-tanda adiksi gadget pada anak-anak, memberikan dukungan, serta membimbing mereka dalam mengembangkan kebiasaan yang sehat terkait penggunaan teknologi.

Manfaat dari pemahaman tentang mencegah dan mengatasi adiksi gadget tidak hanya berlaku bagi diri guru Sekolah Minggu, tetapi juga bagi pelayanan mereka. Dengan memahami dampak negatif adiksi gadget pada anak-anak, guru Sekolah Minggu dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung untuk mengurangi ketergantungan pada gadget. Selain itu, guru-guru ini dapat merancang kegiatan yang melibatkan interaksi sosial, kreativitas, dan aktivitas fisik untuk mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar gadget.

Tidak hanya bagi guru dan pelayanan Sekolah Minggu, pemahaman tentang mencegah dan mengatasi adiksi gadget juga memberikan manfaat besar bagi anak-anak yang dilayaninya. Anak-anak akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di luar dunia digital, meningkatkan keterampilan sosial, dan memperkuat ikatan emosional dengan orang lain. Dengan demikian, pendekatan yang holistik terhadap masalah adiksi gadget dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan dan kesejahteraan anak-anak dalam jangka panjang.

Narasumber webinar Seri Pembinaan Guru Sekolah Minggu ini yaitu Susi Rio Panjaitan, seorang trainer bersertifikasi, praktisi psikologi anak, praktisi hukum perlindungan anak, dan psikoedukator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri. Dengan latar belakang yang kaya dan pengalaman yang luas dalam bidang psikologi anak dan hukum perlindungan anak, Susi Rio memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana mengatasi tantangan terkait adiksi gadget pada anak-anak. Kehadirannya sebagai narasumber dalam kegiatan ini menjadi tambahan nilai yang luar biasa bagi para guru Sekolah Minggu dalam memahami dan menghadapi isu yang relevan dengan perkembangan anak-anak di era digital ini.

Setelah mendapatkan edukasi tentang Mencegah dan Mengatasi Adiksi Gadget pada Anak, diharapkan para guru Sekolah Minggu akan lebih mampu membimbing anak-anak dengan lebih efektif dalam menghadapi tantangan yang berkaitan dengan penggunaan teknologi. Mereka akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang tanda-tanda adiksi gadget pada anak-anak dan dapat memberikan dukungan yang tepat serta membimbing mereka menuju penggunaan teknologi yang sehat dan bertanggung jawab. Selain itu, dengan pengetahuan yang mereka peroleh, diharapkan para guru Sekolah Minggu dapat merancang program-program pendidikan yang kreatif dan menyenangkan untuk mengajarkan anak-anak tentang penggunaan yang bijak dan sehat terhadap teknologi.

Share

Related posts

Leave a Comment