Seminar Anak: ASM HKBP Perumnas Klender di Cisarua, Bogor Sabtu, 14 Juli 2018

Share

“Who am I”?, merupakan¬† tema retreat Anak Sekolah Minggu (ASM) HKBP Perumnas Klender, Jakarta Timur. Diselenggarakan selama 3 hari pada tgl. 13-15 Juli 2018 di Villa D’ Green View, Cisarua, Bogor. Adapun pesertanya khusus anak +/- 65 orang dengan usia 11 tahun ke atas (kelas 4 SD sampai dengan SMP). Sesi 3 dan 4, pada hari Sabtu, tgl. 14 Juli 2018, Susi Rio dari Yayasan Rumah Anak Mandiri menjadi narasumber dan pemantik diskusi di sesi ini dengan didampingi beberapa orang Kakak Guru Sekolah Minggu, Inang Pendeta dan Amang Sintua.

Masa remaja adalah masa yang paling indah sekalipun singkat namun akan menentukan menjadi apa di masa depan. Di masa remaja ini, terjadi tumbuh kembang fisik temasuk alat reproduksi dan otak (kognisi) terbentuk sempurna. Apalagi di zaman “now” ini, remaja mendapat kepercayaan untuk mengurus dan menikmati privasinya, misal: memiliki HP sendiri, kamar sendiri,¬† uang sendiri, gaya sendiri dan pergaulan sendiri. Selain masa yang indah, masa remaja juga penuh dinamika dan tantangan. Pergaulan atau lingkungan yang buruk, dampak negatif kemajuan teknologi internet rentan memengaruhi kehidupan remaja.

Dalam diskusi ini ASM HKBP Perumnas Klender sebagai seorang remaja, diajarkan untuk mengenal siapa sejatinya diri mereka. Mereka adalah warga surga dan warga dunia selain memiliki hak, ada pula tanggung jawab yang harus dikerjakan. Apabila tanggung jawab tersebut tidak dilakukan, akan ada konsekuensi yang diterima.

Beberapa kegiatan dalam sesi ini adalah nonton video klip edukasi, nyanyi bersama dan dinamika kelompok termasuk mempresentasikan hasilnya. Dari kakak GSM juga memberikan beberapa bingkisan hadiah untuk beberapa ASM sebagai peserta yang berperilaku baik dan presenter.

Share

Related posts

Leave a Comment