PPK : Good Friendship, Good Relationship, SMP Tunas Indonesia Bintaro

Share

Tangerang Selatan, Kamis (14/3/2019)

Pertemanan menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia. Hubungan pertemanan akan berbeda dalam setiap fase kehidupan. Hubungan pertemanan saat kecil tentu berbeda saat sudah menjadi remaja. Hubungan pertemanan menjadi sangat penting bagi remaja. Perubahan zaman turut memberi pengaruh pada pola pertemanan remaja. Seorang remaja akan lebih senang menghabiskan waktu dengan temannya  dari pada dengan keluarga. Remaja cenderung lebih mempercayai perkataan teman dari pada perkataan keluarga bahkan orang tuanya. Teman sebaya memainkan peran penting dalam perkembangan remaja.

Masa remaja merupakan fase transisi dalam kehidupan manusia, masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Salah satu tahap perkembangan sepanjang rentang kehidupan manusia yang paling unik, penuh dinamika, sekaligus penuh dengan tantangan dan harapan. Dan pada masa inilah tahapan tentang hidup manusia yang sangat penting untuk pembentukan identitas. Ingin diterima dan merasa sama dengan teman-temannya merupakan hal yang biasa dalam perkembangan emosi remaja. Itu sebabnya pengaruh peer group sangat kuat pada remaja.

Sebuah pertemanan yang dijalani remaja, pastinya berpengaruh terhadap kehidupan mereka kini atau pun nanti. Sedikit atau pun banyak, pengaruh teman ini memberikan kontribusi bagi perkembangan dan pertumbuhan mental dan karakter remaja. Pengaruh teman sebaya dalam pengembangan dan pembentukan identitas dirinya tidak bisa di anggap tidak penting karena dengan teman sebayalah biasanya remaja banyak menghabiskan waktu untuk saling bertukar informasi tentang dunia luarnya. Hal ini akan berpengaruh pada pemikiran remaja dalam mengembangkan siapa dirinya dan apa yang harus dia lakukan menjadi seseorang.

Begitu berpengaruhnya hubungan pertemanan bagi seorang remaja maka melalui Pendidikan Pembentukan Karakter dengan topik “Good Friendship, Good Relationship“, siswa SMP Tunas Indonesia Bintaro diberikan edukasi untuk belajar mengenal apa itu pertemanan yang baik dan bagaimana membangun sebuah hubungan pertemanan yang positif dan sehat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (14/3) dengan narasumber Susi Rio Panjaitan (Yayasan Rumah Anak Mandiri). Diharapkan siswa SMP Tunas Indonesia Bintaro memiliki pengetahuan yang lebih baik lagi sehingga mampu memilih siapa yang akan dijadikan teman dalam menjalin hubungan pertemanan karena mereka adalah generasi penerus bangsa.

PPK : Good Friendship, Good Relationship
PPK : Good Friendship, Good Relationship
PPK : Good Friendship, Good Relationship
PPK : Good Friendship, Good Relationship
PPK : Good Friendship, Good Relationship
PPK : Good Friendship, Good Relationship

 

 

 

Share

Related posts

Leave a Comment