Kursus 40 Jam untuk Caregivers ABK : Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Kamis 20 Januari 2022

Share

Kamis (20/1/2022)

Anak berkebutuhan khusus (ABK) hidup di masyarakat dengan jumlah yang tidak sedikit. Memahami dinamika kehidupan ABK, tumbuh kembangnya dan bagaimana lingkungannya dapat menjadi agen sosial yang turut mendukung tumbuh kembang tersebut. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki perbedaan dengan anak secara umum yang seusianya dan dengan karakteristik khusus. Karena adanya gangguan perkembangan dan kelainan yang dialaminya sehingga mereka memerlukan penanganan khusus sesuai dengan karakteristik mereka.

Seringkali orangtua terlambat mengetahui bahwa anaknya berkebutuhan khusus. Orangtua baru mengambil tindakan memeriksakan dan memberikan terapi kepada anaknya ketika mreka telah melewati masa golden age sehingga kebiasaan yang sudah terbentuk pada anak sukar untuk diubah dan potensi-potensi yang ada dalam diri anak menjadi tidak muncul. Salah satu keahlian dan keterampilan yang wajib dikuasai seorang Praktisi ABK yang profesional adalah menguasai psikologi anak berkebutuhan khusus agar ia dapat membuat analisa yang tepat.

Di pertemuan Kursus 40 Jam Caregivers ABK pada Kamis (20/1) mempelajari materi “Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.” Peserta kursus diajak belajar, berdiskusi dan bedah kasus. Kursus ini diselenggarakan di Yayasan Rumah Anak Mandiri secara tatap muka, bersifat privat, dan tetap memberlakukan 3M (memakai masker, mencuci  tangan, menjaga jarak).

Share

Related posts

Leave a Comment