Pelatihan GSM : Jiwa yang Sehat Melahirkan Pelayanan yang Sehat, HKBP Bogor

Share
Arti sederhana pelayanan adalah suatu kegiatan memberikan layanan atau membantu seseorang. Ketika memberikan pelayanan tentunya ada orang yang bertindak melakukannya dan ia disebut sebagai pelayan. Orang yang memberikan bantuan atau layanan tersebut pastinya adalah orang yang memiliki kemampuan tertentu sehingga ia diharapkan dapat memenuhi kebutuhan orang yang dilayaninya. Sebagai seorang pelayan, ia akan mampu memberikan layanan yang optimal ketika ia telah mempersiapkan diri baik secara pengetahuan, keterampilan dan sikapnya. Pelayan yang demikian akan mampu bersinergi dengan orang lain sehingga tujuan bersama yang merupakan tujuan organisasi bahkan tujuan pribadinya pun akan tercapai.

Pelayan atau pribadi yang mampu mempersiapkan diri demikian tentunya adalah orang yang memiliki jiwa yang sehat. Dalam menjalankan setiap kegiatannya, manusia tidak cukup hanya memiliki fisik yang tampak sehat. Memiliki kesehatan jiwa yang baik menjadi modal utama bagi seseorang untuk siap menjalankan tugas dan peranannya sebagaimana mestinya. Apapun tugas atau pelayanan yang diembannya, baik itu berkelompok atau individual akan mampu dikerjakan dengan baik dan benar.
Guru Sekolah Minggu (GSM) merupakan pelayan gereja khusus untuk melayani anak-anak. Mereka adalah pribadi yang Tuhan beri kepercayaan untuk mengenalkan Tuhan Yesus kepada anak lewat didikan dan pengajaran di Sekolah Minggu. Bukan tanggung jawab yang kecil dan mudah karena keberlangsungan satu generasi ada di tangan GSM. Anak Sekolah Minggu merupakan hari depan gereja karena masa depan gereja ada di pundak mereka. Oleh sebab itu seorang GSM tidak boleh sembarang-sembarang dalam menjalankan pelayanannya sebagai guru, sebagai orang yang memberikan contoh yang baik dan benar karena kelak Tuhan akan meminta pertanggungjawaban kepadanya.
Agar pelayanan sekolah minggu optimal maka diperlukan kerja sama dari semua pihak, mulai dari pimpinan gereja, para pengerja gereja dan orangtua. Menyadari pentingnya peran GSM dalam pelayanan sekolah minggu, HKBP Bogor memberikan pelatihan kepada GSMnya melalui kegiatan Retreat & Pelatihan Guru Sekolah Minggu dengan mengundang narasumber untuk memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan GSM.
Sabtu (6/8) Susi Rio Panjaitan, Psycho-Educator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri memberikan materi  dalam 2 sesi berdasarkan tema yang dipercayakan oleh panitia penyelenggara, yakni: (1) Jiwa yang Sehat Melahirkan Pelayanan yang Sehat, (2) Sehati Sepikir. Melalui retreat dan pelatihan ini diharapkan memberikan tambahan wawasan dan keterampilan kepada para peserta, GSM sehingga mereka akan semakin siap dan cakap dalam menjalankan tugas pelayanannya di Sekolah Minggu HKBP Bogor.

 

Share

Related posts

Leave a Comment