Kursus Online Praktisi ABK #7: Psikologi Perkembangan Anak, Sabtu 20 Februari 2021

Share

Sabtu (20/2/2021)

Efektif per Sabtu 20 Februari 2021, Yayasan Rumah Anak Mandiri telah memulai pelaksanaan kursus online “Praktisi Anak Berkebutuhan Khusus – Batch 7”. Tujuan penyelenggaraan kursus ini adalah mempersiapkan tenaga profesional yang mumpuni dalam memberikan layanan pendidikan dan terapi bagi anak berkebutuhan khusus (autis; adhd; downsyndrome; slowlearner; dll).

Peningkatan jumlah anak berkebutuhan khusus (ABK) dari tahun ke tahun terjadi di Indonesia sekalipun belum ada data resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk hal ini. Menurut Heward “Anak berkebutuhan khusus adalah anak-anak yang memiliki atribut fisik atau kemampuan belajar yang berbeda dari anak normal, baik di atas atau di bawah, yang tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan fisik, mental, atau emosi, sehingga membutuhkan program individual dalam pendidikan khusus”.

Anak berkebutuhan khusus memiliki ciri-ciri tertentu dan berbeda satu dengan lainnya. Sehubungan gangguan perkembangan dan kelainan yang dialaminya termasuk kekhasan yang mereka sandang sehingga anak berkebutuhan khusus memerlukan penanganan khusus. Mereka membutuhkan metode, material, pelayanan dan peralatan yang khusus agar dapat mencapai perkembangan optimal.

Dalam memberikan penanganan kepada anak berkebutuhan khusus dibutuhkan orang-orang yang mengenal siapa mereka, apa saja yang mereka butuhkan dan bagaimana memberikan perlakuan atau pelayanan atas kebutuhan mereka tersebut. Dibutuhkan tenaga profesional dan keprofesionalan, bukan hanya sekedar orang yang mengasihani mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab ini agar berjalan dengan baik dan benar.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah (pasal: 2, ayat:1), berbunyi: “Melayani warga belajar supaya dapat tumbuh dan berkembang sedini mungkin dan sepanjang hayatnya guna meningkatkan martabat dan mutu kehidupannya”.

Sejalan dengan tujuan ini, Yayasan Rumah Anak Mandiri senantiasa bergiat memberikan ruang belajar bagi warga belajar untuk terus mendapat kesempatan belajar lewat zoom. Kursus online “Praktisi Anak Berkebutuhan Khusus – Batch 7” dilaksanakan dengan durasi 40 jam (10x pertemuan @ 4 jam, di luar ujian). Ujian terdiri dari: a. Teori (tertulis) b. Proyek (membuat program terapi & kurikulum pembelajaran) c. Praktek (terapi & mengajar). Peserta kursus akan mendapatkan sertifikat setelah dinyatakan lulus ujian.

Materi terdiri dari: (1) Psikologi Perkembangan Anak (2) Psikologi ABK (3) Identifikasi & Deteksi Dini (4) Asesmen  (5) Merancang Program Tata Laksana (6) Pendidikan Seks untuk ABK (7) Terapi Perilaku bagi ABK (8) Menjadi Shadow Teacher (9) Melatih Kemampuan Bina Diri ABK (10) Mengajar CALISTUNG (11) Merancang Program Pembelajaran (12) Melatih Kemampuan Berbahasa & Berkomunikasi ABK (13) Media Terapi & Pembelajaran ABK  (14) Perlindungan Anak

Di pertemuan pertama Kursus Online Praktisi ABK #7 sebelum peserta kursus masuk ke dalam materi-materi yang dalam, peserta kursus belajar Psikologi Perkembangan Anak. Peserta kursus diajak belajar, berdiskusi dan membedah kasus. Apa penyebab terjadi perbedaan perilaku pada anak? Faktor apa saja yang memengaruhi perkembangan pada anak, apakah hanya dipengaruhi oleh faktor keturunan semata atau ditentukan oleh faktor lingkungan? Apa itu perkembangan fisik, motorik atau kognisi seorang anak.

Seorang praktisi yang profesional tentunya terlebih dulu harus paham benar apa yang dimaksud dengan perkembangan itu sendiri. Semua pertanyaan tersebut dibahas di dalam pertemuan pertama ini.

 

 

 

 

 

 

Share

Related posts

Leave a Comment