Kursus Online Praktisi ABK #7: Pendidikan Seks untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Senin 26 April 2021

Share

Senin (26/4/2021)

Adanya keterbatasan kondisi yang disandang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), tentu mengakibatkan mereka membutuhkan layanan atau perlakuan khusus untuk dapat mencapai perkembangan yang optimal. Dibutuhkan pemahaman yang baik dan benar tentang mereka karena dalam memberikan layanan kepada ABK haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu.

Keterbatasan kondisi ini tentu mengakibatkan mereka menghadapi berbagai masalah yang berhubungan dengan kekhususannya. Dan sebagian mereka juga rentan menjadi korban mengalami tindakan pelecehan ataupun kekerasan seksual bahkan tanpa mereka sadari mereka pun menjadi pelaku. Memberikan pendidikan seks sejak dini kepada anak berkebutuhan khusus menjadi penting agar anak memahami ketika mengalami perubahan biologis yang terjadi pada dirinya. Menerangkan semua hal yang berhubungan dengan seks dan seksualitas dalam bentuk yang wajar, khususnya anatomi dan fisiologi akan membantu anak dalam menjaga keselamatan dan kesehatan dirinya.

Pendidikan seks yang diberikan secara tepat akan bermanfaat bagi diri anak, minimal mereka akan terbiasa mandiri terkait dengan perawatan diri dan organ seksualnya. Apa itu pendidikan seks? Mengapa ABK perlu diberikan pendidikan seks? Kapan pendidikan seks diberikan kepada ABK? Bagaimana memberikan pendidikan seks kepada ABK?  Di pertemuan Kursus Online Praktisi ABK #7 peserta kursus belajar, berdiskusi juga studi kasus yang berkaitan dengan hal ini dalam materi Pendidikan Seks untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Share

Related posts

Leave a Comment