Pelatihan : Menyusun Silabus dan Manajemen Sekolah Minggu, HKBP Cijantung

Share

Minggu (1/10/2023)

Guru merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan kualitas pendidikan. Peran guru dalam proses pembelajaran anak (baik kegiatan belajar formal, non formal atau informal) sangat penting sebagai kunci keberhasilan pembelajaran anak karena guru berinteraksi secara langsung dengan anak. Guru yang mampu membangun proses pembelajaran yang baik tentunya akan dapat memberikan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas. Setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar, hasil pembelajaran yang dicapai dapat ditunjukkan lewat kemampuan-kemampuan yang dimiliki seorang anak setelah ia menerima perlakukan dari pengajaran (guru).

Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan menghasilkan hasil belajar yang optimal. Hasil belajar merupakan perubahan ke arah yang lebih baik yang terjadi pada peserta didik (anak) dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor setelah ia mengalami proses pembelajaran. Ada beberapa faktor yang akan menentukan hasil belajar seorang anak. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal (faktor yang bersumber dari dalam diri anak) dan faktor eksternal (faktor yang bersumber dari luar diri anak). Disinilah peran guru sangat besar untuk dapat melihat dengan cermat.

Agar dapat menjalankan tugas mendidik dan mengajar sebagai guru, seorang guru harus memiliki keterampilan mengajar. Keterampilan dasar seyogyanya yang dimiliki seorang guru adalah keterampilan membuat rencana belajar dan menjalankan manajemen kelas. Salah satu komponen rencana belajar yang harus benar-benar dikuasai oleh seorang guru adalah silabus. Silabus akan membantu seorang guru untuk memahami apa yang akan diajarkannya, apa tujuan dari pembelajaran yang diberikannya, metode belajar apa yang akan digunakan, media belajar apa untuk mendukung pembelajaran, menyusun jadwal belajar dan melakukan evaluasi belajar. Agar kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik, seorang guru juga harus memahami manajemen kelas.

Dalam mempersiapkan Guru Sekolah Minggu (GSM) dan Calon GSM HKBP Cijantung menjadi tenaga pengajar sekolah minggu yang profesional, HKBP Cijantung memberikan pelatihan pada Minggu (1/10). Mengundang¬†Susi Rio Panjaitan, Psycho-Educator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri sebagai narasumber untuk memaparkan materi, memberikan pelatihan, serta memandu diskusi dengan tema: “Menyusun Silabus dan Manajemen Sekolah Minggu.”

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, GSM dan CGSM akan semakin bertambah pengetahuannya, terampil, kreatif, dan adaptif yang membawa peningkatan kepada hasil belajar anak sekolah minggu.

 

Share

Related posts

Leave a Comment