Pembinaan GSM: Psikologi Anak, Gereja Toraja Klasis Pulau Jawa

Share

Sabtu (28/8/2021)

Merujuk kepada Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, kita dapat memperoleh gambaran siapa anak di mata hukum Indonesia? Anak adalah amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. Anak adalah tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan; Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Dan untuk lebih jelas lagi kita juga dapat mengenal siapa anak lewat beberapa UU RI yang telah disyahkan tentang hak dan perlindungan anak.

Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak, mereka membutuhkan tuntunan. Sangat diperlukan peran dari seluruh kalangan masyarakat baik pemerintah, lingkungan masyarakat dan terutama lingkungan keluarga (orangtua). Pengasuhan dari orangtua (keluarga) akan membentuk karakter baik pada anak, lingkungan masyarakat yang aman dan sehat serta kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak sejak dini.

Memberikan tuntunan atau pengasuhan (didikan) kepada anak perlu memperhatikan karakteristik dan keunikan dari masing-masing anak. Orangtua (keluarga) dan masyarakat dituntut untuk memiliki pengetahuan psikologi anak. Dengan mengetahui psikologi anak tentunya akan memudahkan memberikan pengasuhan secara tepat kepada anak.

Dalam pembinaan Guru Sekolah Minggu (GSM) Gereja Toraja Klasis Pulau Jawa pada Sabtu (28/8) yang dilakukan secara daring, Susi Rio Panjaitan, M.Si, C.T, Psycho-Educator dari Yayasan Rumah Anak Mandiri menjadi narasumber untuk memaparkan tema tentang Psikologi Anak. Siapakah anak? Apa itu Psikologi Anak? Bagaimana memberikan pengasuhan (didikan) yang tepat kepada anak? Apa yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak? Diharapkan dengan berbekal pengetahuan Psikologi Anak, GSM Gereja Toraja Klasis Pulau Jawa akan semakin optimal dalam memberikan pelayanan kepada Anak Sekolah Minggu.

 

Share

Related posts

Leave a Comment